Tips Menjalankan Usaha Distributor Makanan Ringan Yang Menguntungkan

Menjalankan usaha distributor makanan ringan bisa menjadi salah satu peluang besar untuk Anda yang ingin memulai bisnis. Karena walaupun tidak memiliki produk sendiri, Anda masih bisa masuk ke bisnis ini dengan menjadi distributor makanan ringan. Jadi, hanya perlu menjual produk makanan ringan yang sudah jadi tanpa harus repot melakukan produksi.

Mengapa bisnis distributor makanan ringan juga bisa menjadi peluang ?  Sebab Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dan bonus demografinya sangat mendukung bagi kontribusi di sektor usaha ini. Selain itu, produk makanan ringan sangat dekat dengan masyarakat dari berbagai macam lapisan. Makanan ringan tidak termasuk ke dalam jenis makanan pokok namun sering dikonsumsi oleh masyarakat misalnya untuk teman saat bersantai, menonton, belajar dan aktivitas lain bahkan saat bekerja. Tapi tentu tidak semua distributor makanan ringan bisa sukses besar dalam kiprahnya. Bila tidak ada strategi dan visi yang tepat, bisa saja usaha Anda gagal.

Nah, agar bisa menjadi distributor makanan ringan yang sukses, cobalah untuk menerapkan beberapa tips berikut:

distributor snack

Image: Aneka Snack Berkualitas

1. Pilih Prinsipal Yang Berkualitas

Selalu jadikan kualitas  produk sebagai faktor pertama dalam menentukan produk makanan ringan yang akan anda jual. Pilihlah produsen prinsipal (suplier produk makanan ringan)  yang mengutamakan  kualitas pada produk makanan ringannya. Beberapa hal terkait kualitas yaitu ,  bahan baku yang higienis, proses produksi, sampai dengan pengemasannya pun harus sangat diperhatikan. Misal, bila dari segi bahan baku biarpun Anda seorang distributor, Anda juga harus memastikan kalau bahan yang dipakai adalah bahan yang tidak mengandung zat  yang dapat membahayakan kesehatan serta harus higienis. Pilihlah prinsipal yang sudah mendapat sertifikasi dari badan – badan terkait seperti BPOM RI, dan MUI untuk sertifikasi halal produknya.

usaha distributor makanan ringan 2

Image: Toko / Gudang

2. Pastikan Eksklusifitas anda dalam memasarkan produk suatu prinsipal

Cara memastikan hak ekslusifitas anda dalam mendistribusikan produk sebuah prinsipel  dapat dilakukan salah satunya dengan menentukan area distribusi yang jelas. Agar nantinya produk dari prinsipal yang sama tidak memasuki area distribusi yang anda kerjakan. Yang mana hal ini juga akan mengganggu rencana kerja jangka panjang anda sebagai distributor produk tersebut.

bisnis distributor makanan ringan

Image: Jadi Mitra Distributor

3. Dapatkan kepercayaan dengan memberikan garansi bank kepada produsen prinsipal

Garansi Bank merupakan produk perbankan yang sangat menguntungkan dalam membantu pengusaha distributor. Karena hanya biaya administrasi (biaya provisi tahunan) saja yang akan dikenakan oleh pihak bank. Selama dana garansi bank tersebut tidak dipergunakan, maka tidak ada pengenaan bunga bank. Dengan memberikan jaminan berupa garansi dari bank kepada sebuah produsen prinsipal, maka anda akan mendapatkan kepercayaan & mengikat komitment dari produsen prinsipal tersebut. Sesuaikan budget nominal garansi bank yang akan anda berikan dengan kemampuan anda dalam mendistribusikan produk makanan ringan suatu produsen.

distributor snack medan

Image: Guero Rasa Coklat

4. Bantu team penjualan anda dengan penawaran  yang menarik.

Dalam bidang distribusi makanan ringan, penetrasi produk ke rantai distribusi merupakan kunci utama awal  kesuksesan. Banyak sekali produk yang bagus namun gagal terjual dengan baik akibat lemahnya penetrasi ke rantai distribusi yang terdiri dari agen besar – grosir – eceran. Sikapi hal ini dengan memberikan paket penawaran yang menarik kepada team penjualan anda.

Contohnya : Beli 10 bonus 1, berlaku utk periode tertentu.

Mungkin bagi konsumen retail, hal ini terdengar aneh, namun di level agen besar, pembelian 10 bonus 1 sdh mencakup hampir 10 % dari marginnya. Hal ini merupakan sesuatu penawaran yang menarik.

Dengan demikian akan menarik minatnya menjual produk yang sedang anda distribusikan.

Tentu saja, anda harus bijak dan menyesuaikan budget yang anda miliki. Pikirkan dengan baik dan buatlah penawaran yang tepat sasaran.

produsen makanan ringan

Image: Distributor Makanan Ringan yang Sukses

5. Menjadi distributor makanan ringan yang berpikiran positif

Banyak mereka yang baru saja memulai usaha baik itu usaha makanan ringan, atau usaha lainnya berakhir putus asa, tidak melanjutkan usaha karena merasa bahwa bisnisnya tidak berkembang. Padahal proses bisnis itu tidak ada yang instan! Jangan mudah merasa bosan atau mengeluh “kok bisnis saya tidak ada kemajuan”. Bila memang penjualan sedang lesu, bersikaplah positif, cobalah mencari penyebabnya, sering turun ke pasar akan membantu anda melihat penyebab masalah yang harus anda benahi selaku seorang pengusaha distributor makanan ringan. Semoga sukses. Selamat menjalankan usaha anda!