Tips Bisnis Makanan Ringan Kekinian dan Millenial Banget

Berbicara tentang bisnis makanan, khususnya bisnis makanan ringan, tidak terlepas dari segmen konsumen terbesar saat ini yakni kaum generasi milenial. Pola komsumtif unik dari kaum millenial sekarang ini menarik perhatian para pengusaha. Pengusaha harus mulai melakukan inovasi produk agar bisa mendapatkan lirikan dari mereka. Karena apresiasi kaum millenial  terhadap suatu produk makanan riangan sudah semakin tinggi, mulai dari  kemudahan pembeliannya, kemasan luar hingga  teknologi pembuatannya, menjadi bahan pertimbangan. Sehingga  pengusaha tidak bisa lagi menutup sebelah mata terhadap  kontribusi kaum millenial  bagi penjualan produk di bisnis makanan ringan ini.

Bila Anda merupakan pengusaha yang bergelut dalam bisnis makanan ringan ataupun merencanakan untuk memasuki bisnis makanan ringan, beberapa informasi berikut ini mungkin berguna bagi anda. Dimana produk makanan ringan sendiri selalu mencari incaran banyak orang. Tidak hanya bagi kaum milenial, aktivitas ‘ngemil’ di waktu luang menjadi trend, bahkan tidak hanya saat waktu luang saja ‘ngemil’ juga bisa sangat dibutuhkan di sela-sela waktu kerja untuk meningkatkan suasana dan mood seseorang. Sehingga tidak heran kebutuhan perorangan pada makanan ringan akan terus meningkat.

Kalau dulu mungkin bisnis makanan ringan hanya memperhatikan dari segi rasanya saja dengan kemasan yang seadanya, Konsumen dewasa ini menginginkan lebih dari sekedar  hal tersebut. Seiring berjalannya waktu, penilaian pasar terhadap suatu produk semakin berbeda. Bagi Anda yang ingin bertahan dan bersaing menggeluti bisnis makanan ringandi tengah kaum millenial, berikut ini tips bisnis makanan ringan kekinian yang  mungkin berguna bagi anda di era kekinian dan millenial banget:

Sudah punya produk? Saatnya buat inovasi

Apa Anda sudah punya produk sendiri? Kalau sudah, artinya Anda tidak perlu memikirkan produk baru lagi. Anda hanya perlu berinovasi pada produk lama yang ada. Misal, memiliki bisnis keripik singkong kalau biasanya Anda hanya akan memberikan 2 pilihan rasa, yaitu pedas dan asin. Sekarang, cobalah untuk berinovasi dengan menambahkan varian rasa yang sama sekali baru, seperti keripik singkong rasa green tea atau barbeque.

Tahu nggak sih, sekarang ini kaum millenial sangat menyukai jenis makanan yang aneh namun enak. Mereka cenderung ingin mencoba saat menemukan produk baru di pasaran, apalagi bila mendengar rasa makanan yang sama sekali belum pernah ada.

Buat kemasan makanan ringan semenarik mungkin

Menjadi cantik saja tidaklah cukup untuk memberikan kesan mendalam kepada para pembeli. Anda harus bisa membuat kemasan produk yang berbeda dari produk lainnya. Apalagi bila Anda ingin menarik perhatian kaum millenial. Cobalah memberikan sentuhan nilai kreatif pada kemasan sehingga membuat pembeli ingin membagikan pengalaman belanjanya ke temannya.

Terlebih lagi sekarang ini orang-orang sudah menjadikan aktivitas “foto dulu, share social media baru makan” menjadi aktivitas yang sering bahkan harus dilakukan. Ini bisa menjadi keuntungan Anda untuk mempromosikan produk lewat pembeli.

Branding produk agar mudah dikenali

Branding tidak bisa dilupakan, ini merupakan channel anda untuk menghubungkan produk anda dengan perhatian dari konsumen. Brand anda akan mempresentasikan produk makanan ringan anda kepada perhatian dari konsumen. Bangunlah brand yang baik dan benar.

Anda harus bisa membuat branding yang mudah sekali dikenali dan melekat di benak konsumen. Misal dengan memberikan tagline pada produk makanan ringan anda atau membuat nama  yang menarik dan belum pernah ada pada produk makanan ringan anda.

Strategi pemasaran bisnis makanan ringan lewat social media

Mau bisnis makanan ringan, apa hubungannya dengan social media? Ya jelas ada hubungannya, bahkan dampaknya sangat besar sekali! Perkembangan teknologi membuat gaya hidup kaum millenial sudah sangat ketergantungan pada gadget. Adanya gadget bisa sangat memudahkan, khususnya dalam membeli barang dan kebutuhan apapun. Tidak terkecuali makanan ringan.

Banyak sekali produk makanan ringan yang di pasarkan lewat social media. Nah, bila Anda belum mencobanya sebaiknya sekaranglah saatnya Anda mencoba! Manfaatkan social media semaksimal mungkin. Bila strategi penjualan lewat social media Anda berhasil, bukan tidak mungkin produk akan sangat laris di kalangan kaum millenial.

Itulah beberapa tips bisnis makanan ringan kekinian dan millenial banget. Jangan pernah takut melakukan inovasi terhadap produk selama Anda bisa mempersiapkan dan merealisasikannya dengan baik. Yuk, inovasikan bisnis makanan ringan Anda agar lebih kekinian!