fbpx

Sejarah Snack Pilus

 

Snack pilus tentu kita tidak asing dengan kata ini banyak produsen makanan ringan di seluruh Indonesia yang menjual dan memproduksinya. Tahukah kamu mengenai sejarah snack pilus dari mana asalnya dan siapa yang pertama kali memproduksi snack ini? Maka akan kita bahas di artikel ini.  

Sebenarnya apa itu snack pilus? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pilus berarti penganan yang digoreng, dibuat dari tepung beras dan gula, berbentuk bulat panjang. 

 

Sejarah snack pilus – makanan khas daerah Tegal

Dari daerah mana pilus berasal sebelum populer seperti sekarang dan mulai diproduksi oleh pabrik – pabrik makanan ringan? Awalnya pilus merupakan makanan khas daerah Tegal. Pilus  juga merupakan oleh – oleh khas daerah Tegal. Cemilan pilus khas tegal terbuat dari bahan – bahan yang cukup sederhana dan mudah dibuat. Bahan utama pilus khas Tegal terdiri dari tepung terigu, tepung tapioka, tepung kanji dan rempah bumbu – bumbu lainnya. 

Di dalam catatan sejarah tidak jelas kapan pastinya snack pilus pertama kali dibuat dan siapa yang membuatnya pertama kali. Sementara itu di wilayah Sumatera utara PT. Medan Jaya Pangan Mutu yang mulai memproduksi dan menjual snack pilus sejak awal tahun 1980 an hingga saat ini. 

Perkembangan snack pilus di Indonesia

Pada perkembangannya pilus mulai dikenal masyarakat seluruh Indonesia secara luas semenjak dijual dan diproduksi dalam skala besar oleh pabrik pengolahan makanan ringan. Snack pilus disukai masyarakat karena rasa gurih yang nikmat dan harga yang sangat terjangkau.  Sejarah snack plus di indonesia 

Snack pilus pada perkembangannya mulai dimodifikasi dengan aneka varian rasa yang sangat banyak mulai dari rasa udang dan cita rasa pedas seperti yang diproduksi oleh PT. Medan Jaya Pangan Mutu serta beraneka ragam varian rasa lain yang diproduksi produsen lain. 

Jadi apakah kamu tertarik untuk mencicipi snack pilus? Tidak perlu jauh – jauh harus ke Tegal untuk menikmati snack ini. Snack pilus medan jaya tersedia di kedai atau warung terdekat di sekitar wilayah Sumatera Utara termasuk kota Medan. Dan untuk kamu yang ingin membeli secara daring atau online bisa membelinya di Tokopedia atau Lazada. Berikut informasi mengenai sejarah snack pilus selamat mencoba dan menikmati snack pilus. pilus garuda