fbpx

Manfaat Cokelat dan Sejarah Cokelat

Sejarah Cokelat 

Cokelat tentu kita tidak asing jika mendengar kata ini cokelat yang biasa kita berikan kepada pasangan kita apalagi di saat bulan Februari menjelang hari Valentine. Tidak hanya enak manfaat cokelat bagi tubuh juga sangat baik.  Cokelat atau coklat pada dasar nya adalah sebutan untuk segala jenis makanan ataupun minuman yang diperoleh dari pengolahan biji kakao. Pada awal nya cokelat biasa diolah menjadi minuman untuk para bangsawan suku Maya. 

Cokelat diperkenalkan ke masyarakat eropa oleh penjelajah bernama Herman Cortez. Pada saat penjelajahan nya ke benua Amerika ia disuguhi minuman cokelat oleh penduduk asli suku Aztec di Meksiko dan kemudian membawa biji kakao nya ke Spanyol. Di Eropa Kakao tidak hanya diolah dan di kembangkan menjadi minuman tetapi juga jenis panganan lain.

Manfaat Cokelat

Manfaat Cokelat Hitam 

Tak hanya di Eropa kakao dan cokelat menyebar ke seluruh dunia termasuk juga Indonesia. Di Indonesia tanaman kakao pertama kali dibudidayakan saat jaman penjajahan Belanda sekitar akhir 1800an. Perkembangan tanaman nikmat ini  juga sangat pesat di Indonesia. Saat ini cokelat hampir dikonsumsi semua orang di seluruh dunia. Coklat sendiri memiliki kandungan zat yang beragam dan juga dapat memberikan khasiat yang baik bagi kesehatan. Berikut manfaat coklat bagi tubuh. 

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

 1. Meningkatnya Produksi Insulin

Penelitianan yang dilakukan terhadap 15 orang di Itali mendapati hasil bahwa resistensi insulin menurun secara signifikan terhadap mereka yang mengkonsumsi cokelat hitam sebanyak 3 ons selama 15 hari. Jadi mengkonsumsi cokelat memiliki manfaat untuk meningkatkan insulin. 

2. Mempengaruhi Peningkatan Aliran Darah

Penelitian yang dilakukan di Italia juga ditemukan hasil bahwa tekanan darah orang yang mengkonsumsi cokelat hitam juga menjadi lebih rendah dikarenakan zat flavonoid yang terkandung di dalamnya.

3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Peneliti di sebuah lembaga pendidikan kesehatan di Amerika mendapati bahwa cokelat hitam dapat meminimalisir resiko serangan jantung hingga 50%. Cokelat hitam dapat mengurangi resiko tersebut dikarenakan Coklat hitam mampu memperlambat pembekuan trombosit.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang diet tidak perlu takut dalam mengkonsumsi coklat menurut penelitian yang dilakuan  di University of Copenhagen menemukan bahwa cokelat hitam memberikan rasa kenyang yang lebih layak nya seperti buah jambu atau pun apel. Tentu saja hal ini bisa bermanfaat dalam proses penurunan berat badan.

5. Mengobati Diare

Flavonoid yang terkandung di dalam kakao dapat mengikat protein yang mengatur sekresi cairan di usus kecil yang membantu menghentikan diare hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan ilmuwan Oakland Research Institute. Faktanya sejarah budaya mendapati sejak abad ke-16 kakao sudah digunakan untuk pengobatan diare oleh masyarakat Amerika Selatan dan Eropa. 

6. Meningkatkan Kekuatan Otak

Tak hanya akan membantu mengurangi efek stres cokelat  juga dapat meningkatkan kekuatan otak ketika sedang benar-benar dibutuhkan. Menurut hasil penelitian oleh peneliti University of Nottingham, flavanol  yang terkandung dalam minuman cokelat bermanfaat dalam peningkatan aliran darah ke bagian-bagian kunci dari otak selama 2 sampai 3 jam yang dapat meningkatkan kinerja dan kewaspadaan otak dalam jangka pendek.

7. Baik Untuk Mengurangi Kelelahan 

Dalam sebuah penelitian kecil di Inggris, para peserta yang mengidap sindrom mengkonsumsi cokelat hitam merasa tidak terlalu lelah setelah makan cokelat. Aneh nya tidak terjadi kenaikan bobot tubuh walaupun peserta mengkonsumsi 1,5 ons cokelat setiap hari selama kurun waktu delapan minggu. 

Usaha Makanan Ringan, Sebelum Memulai Pahami Dulu Persaingannya.

Distribusi Makanan Ringan dan Peran Distributor

Menjadi Distributor Makanan Ringan,Hal- hal Seputar Kegiatannya

Cara Membuka Usaha Grosir Snack yang Menguntungkan