fbpx

Jajanan Anak – Tips Memilih yang Terbaik

Dalam tumbuh kembang anak tentu kita berusaha memberikan yang terbaik untuk buah hati kita baik itu pendidikan, kesehatan dan lainnya.Urusan makanan anak pun seperti itu tak hanya makanan pokok nya kita juga harus diperhatikan jajanan anak atau cemilan pun sama pentingnya. Hasil dari penelitian oleh ahli gizi di Los Angeles mendapati bahwa kebutuhan akan nutrisi anak tidak dapat dipenuhi hanya dengan sarapan , makan siang dan malam.

Oleh karenanya anak juga membutuhkan nutrisi tambahan dari cemilan atau jajanan. Dalam urusan jajanan anak kita juga harus cermat dalam memilih mana yang terbaik dan aman buat anak. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jajanan anak

1. Komposisi 

Perhatikan Komposisi yang tertera di produk,pilih jajanan yang mencantumkan  komposisi jajanan dengan jelas dan perhatikan apakah jajanan tersebut mengandung bahan makanan yang aman dan baik untuk tumbuh kembang buah hati.

2. Nama Produsen

Pastikan jajanan yang di pilih di produksi oleh produsen yang jelas. pilih lah jajanan dari produsen yang sudah terpercaya dan selalu menggunakan bahan bahan yang aman.

3. Terdaftar di BPOM

Jajanan yang dipilih juga harus terdaftar dan memiliki izin edar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia hal ini berkaitan agar jajanan yang dipilih dipastikan menggunakan bahan bahan yang aman dan diawasi peredarannya oleh instansi terkait. Perhatikan jenis izin yang di miliki apakah itu P-IRT, MD atau ML, P-IRT diolah oleh industri kecil skala rumahan, sedangkan MD berarti produk diolah dan diproduksi oleh industri skala besar yang memiliki standar yang lebih baik dari pada industri kecil. Untuk izin ML berarti jajanan merupakan barang impor yang di produksi di luar negeri. 

4. Bersertifikat Halal

Bagi orang tua khususnya yang beragama Islam hukumnya wajib memilih produk  yang telah memiliki Sertifikat Halal. Di Indonesia sendiri Sertifikasi Halal dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia. MUI menjamin jajanan anak menggunakan bahan dan diproduksi sesuai dengan standar Halal yang berlaku.

Demikianlah beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan selaku orang tua dalam memilih jajanan anak yang baik dan sehat. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat. 

Usaha Makanan Ringan, Sebelum Memulai Pahami Dulu Persaingannya.

Distribusi Makanan Ringan dan Peran Distributor

Menjadi Distributor Makanan Ringan,Hal- hal Seputar Kegiatannya

Cara Membuka Usaha Grosir Snack yang Menguntungkan