fbpx

Industri Snack Skala Rumahan ke Skala Industri

Tidak bisa diragukan pertumbuhan ekonomi indonesia saat ini berpotensi tumbuh cukup besar kearah yang lebih positif termasuk sektor industri makanan dan minuman. Hal ini juga akan mempengaruhi pertumbuhan industri snack atau makanan dan minuman ringan. Pertumbuhan industri ini terjadi karena dukungan pemerintah dan sumber daya alam yang berlimpah.

Seperti yang di sampaikan Airlangga Hartarto selaku Menteri Perindusterian  bahwa pada triwulan I 2019, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) industri makanan dan minuman mencapai 6,77%. Angka itu di atas pertumbuhan PDB industri nasional sebesar 5,07%. Sektor tersebut pun berkontribusi sebesar 35,58% terhadap PDB Industri Non Migas dan sebesar 6,35% terhadap PDB Nasional. 

pabrik snack

Produk Industri Makanan Ringan dari PT. Medan Jaya Pangan Mutu

Industri snack (makanan ringan) peluang dan tantangan 

Industri snack sendiri merupakan bidang usaha yang menarik untuk ditekuni karena mudah untuk di mulai. Usaha ini bahkan dapat di mulai dari dapur milik kita sendiri, cukup menarik bukan memulai usaha dengan skala rumahan. Banyak pelaku industri snack skala rumahan yang mampu merahi kesuksesan di pasaran dan mampu bertranformasi ke skala industri yang lebih besar. 

Namun demikian setiap usaha tidak selalu berjalan mulus termasuk juga industri snack  yang memiliki segudang tantangan dalam kegiatannya. Tantangan tersebut juga tidak datang hanya dari pesaing lansung dan produk snack impor dari luar neger. Tantangan juga datang dari segi pengelolaan usaha. Demi meraih dan menjaga kesuksesan agar dapat berkembang ke skala industri yang lebih besar para pelaku harus memiliki skill dan keahlian yang baik dalam mengelola usaha.

Skill atau keahlian penting yang diperlukan pelaku industri snack tetap sukses dan tidak menjelma menjadi kegagalan di antaranya.

1. Financial management (Pengelolaan Keuangan)

Kemampuan mengelola sistem keuangan sangat di perlukan dalam setiap kegiatan usaha apapun termasuk industri ini. Pelaku usaha diharuskan mampu mengelola keuangan usaha dari tahapan perencanaan, pengelolaan, pengarahaan dan kontrol  dengan baik. Memisahkan antara pengelolaan keuangan pribadi dan keuangan usaha juga diperlukan. Banyak usaha yang gagal berkembang di karenakan kegagalan pengelolaan keuangan akibat tercampurnya urusan keuangan pribadi dan usaha.

2. Human resource mangement (Pengelolaan sumber daya manusia)

Tujuan utama dari kehalian ini adalah agar usaha yang anda kelola dapat meraih kesuksesan dari orang orang yang anda pekerjakan. Maka keahlian ini juga sangat diperlukan bagi usaha. Pengelolaan SDM yang baik juga dapat meningkatkan hubungan anda dengan tim anda.

 3. Legal skill

Keahlian atau pengetahuan hukum  tidak hanya tentang kesadaran tentang menjamin keabsahan tentang suatu usaha dan mematuhi undang undang atau peraturan yang berlaku dimana usaha dijalankan. Hal ini juga diperlukan untuk melindungi apa yang telah manjadi hak anda seperti Hak Kekayan Intelektual terkait logo, merek dan lain nya yang anda miliki agar terhindar dari hal yang tidak anda inginkan  seperti merek ataupun desain kemasan produk anda yang digunakan pengusaha lain.

4. Marketing skill

Marketing skill atau keahlian memasarkan adalah hal yang amat sangat penting banyak produsen yang sudah memiliki produk yang sangat bagus namun gagal di pasar dikarenakan oleh kurang nya keahlian atau pengetahuan pemasaran. Pemilihan produk juga harus sangat diperhatikan agar apa yang anda jual juga diinginkan oleh pasar ditengah tengah banyak produk produk yang ada di pasaran.

Keahlian – keahlian tersebut diharapkan dapat menunjang kegiatan pelaku industri snack dan menghindarkan anda dari kegagalan usaha. Tentunya tidak hanya hal tersebut tidak serta merta dapat menjamin kesuksesan usaha. Di era teknologi saat ini Kita diharapkan agar selalu belajar agar dapat terus bersaing di tengah gempuran arus perubahan yang terjadi akibat perkembangan teknologi. Semoga dengan hal tersebut kita sebagai pelaku industri snack dapat bertransformasi ke skala yang lebih besar.

Usaha Makanan Ringan, Sebelum Memulai Pahami Dulu Persaingannya.

Distribusi Makanan Ringan dan Peran Distributor

Menjadi Distributor Makanan Ringan,Hal- hal Seputar Kegiatannya

Cara Membuka Usaha Grosir Snack yang Menguntungkan