fbpx

Distribusi Makanan Ringan dan Peran Distributor

Sekarang ini banyak sekali jenis bisnis yang bisa anda geluti, mulai dari bisnis makanan atau snack hingga bisnis otomotif misalnya. Jika anda belum juga mendapatkan peluang bisnis yang sesuai dengan anda, maka anda bisa menciptakannya. Salah satu yang bisa dijadikan sebagai ladang uang adalah bisnis distributor karena memiliki peluang yang cukup bagus. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai peran distributor dalam distribusi makanan ringan. Sehingga anda yang tertarik pada bisnis ini dapat memahaminya, simak ulasannya hingga akhir ya! 

Distribusi Makanan Ringan

Praktek bisnis distribusi makanan ringan (fast moving consumer goods)

Sebelum membahas mengenai bisnis distribusi makanan ringan atau snack, sebelumnya ketahuilah dulu apa itu distributor. Distributor merupakan perusahaan atau bidang yang bergerak sebagai perantara antara produsen dengan konsumen. Distributor ini menyediakan produk dengan kualitas dan jenis dari barang yang ingin dijual oleh perusahaan. Kali ini kita akan fokus membahas bagaimana praktek bisnis distributor makanan ringan dalam bidang fast moving consumer gods atau yang sering disingkat sebagai FMCG dari awal hingga sampai ke grosir makanan ringan.

Apa itu FMCG? 

Menurut beberapa survei yang dilakukan, tren konsumen yang ada di Indonesia selama beberapa tahun belakang ini telah menunjukkan kecenderungan yang sangat menggiurkan bagi para pelaku usaha di bidang distributor makanan ringa atau fast moving consumer goods. Lalu apa itu fast moving consumer goods tau FMCG? FMCG merupakan produk yang mempunyai perputaran omset yang cepat dan memiliki biaya yang relatif rendah. Produk ini merupakan produk yang cepat rusak sehingga memiliki masa simpan yang bisa dibilang relatif singkat. Biasanya yang termasuk dalam kategori FMCG ini merupakan produk yang umumnya menyangkut produk yang sering kita gunakan sehari-hari. Salah satu yang termasuk ke dalam FMCG adalah obat-obatan dan makanan ringan. distributor snack kiloan

Cara Membuka Usaha Grosir Snack yang Menguntungkan

Perkembangan bisnis distribusi makanan ringan di Indonesia

Praktek bisnis distributor makanan ringan dalam bidang FMCG ini bisa dibilang menjadi bisnis yang paling menggiurkan pada tahun ini. Mengapa? Hal ini bisa dikaitkan dengan fakta bahwa Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat konsumen ‘tersibuk’ dibandingkan konsumen di negara-negara lainnya. Artinya tingkat konsumsi masyarakat di Indonesia lebih tinggi jika dibandingkan negara lainnya. Melalui beberapa studi, konsumen Indonesia bisa berbelanja lebih dari 400 kali dalam sebulan atau hampir setiap harinya mereka melakukan kegiatan konsumsi dalam berbagai produk, salah satunya yang paling signifikan adalah mengkonsumsi makanan ringan atau snack. 

Distribusi Makanan Ringan

 Bisnis distributor makanan ringan yang termasuk ke dalam FMCG ini bisa dibilang sangat berpotensi dan menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Potensi pasar industri FMCG yang ada di Indonesia berdasarkan studi dari Euromonitor menyebutkan bahwa Indonesia sendiri akan memiliki sekitar 80 juta konsumen atau 40% dari total konsumen di ASEAN selama 15 tahun kedepan. Presentase yang cukup tinggi inilah yang membuat bisnis distributri FMCG patut anda coba. 

Menjadi Distributor Makanan Ringan,Hal- hal Seputar Kegiatannya

Peluang Usaha Menjadi Distributor Makanan Ringan Snack

Tips mencari distributor makanan ringan 

 Setelah mengetahui informasi mengenai FMCG serta perkembangan bisnis distributor ini di Indonesia. Maka kali ini kami akan membagikan informasi mengenai bagaimana kiat untuk mencari distributor makanan ringan yang tepat. 

1. Memahami saluran distribusi 

Langkah yang paling penting adalah dengan memahami saluran distribusi anda, anda harus bisa mengetahui bagaimana dan dimana rantai pasok yang cocok untuk bisnis distributor anda. Banyak sekali cara untuk menyalurkan produk daari pabrik ke retail, pilih yang sekiranya sesuai dengan anda. distributor snack kiloan

2. Mencari distributor melalui marketplace atau google 

Langkah kedua yang bisa anda coba adalah dengan mencari distributor melalui marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, atau lainnya. Selain mencari melalui marketplace anda juga bisa mencoba mencarinya di google ya. 

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai peran distributor dalam distribusi makanan ringan yang ada di Indonesia. Sekarang ini bisnis distributor ini cukup menggiurkan dan berpotensi untuk menghasilkan banyak keuntungan mengingat fakta bahwa Indonesia adalah negara dengan konsumen yang cukup tinggi. Semoga artikel yang kami bagikan kali ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda dan anda dapat memahami proses bisnisnya hingga produk sampai ke konsumen mulai dari kedai kedai agen dan grosir makanan ringan!