Aneka Snack Tradisional Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak kekayaan. Mulai dari kepulauannya, kebudayaannya, sukunya, rasnya bahkan hingga kulinernya yang sangat beraneka ragam. Makanan ringan atau snack tradisional termasuk dalam keanekaragaman kuliner di Indonesia. Snack ini kerap dianggap sebagaian besar orang sebagai makanan yang mempunyai tekstur gurih atau renyah. Padahal bukan hanya itu. Snack diartikan sebagai makanan yang bukan merupakan menu utama. Makanan yang termasuk snack yakni makanan yang dikonsumsi untuk menghilangkan rasa lapar seseorang sementara waktu, memberikan sedikit energi bagi tubuh atau sesuatu yang dimakan untuk dinikmati rasanya saja.

Snack Tradisional Indonesia ini bukan termasuk dalam makanan berat yang kita makan saat makan pagi, siang ataupun sore. Jadi, sudah tahukan mana makanan yang termasuk snack atau bukan? Bagi sebagian orang, snack biasa dipilih sebagai oleh-oleh ketika telah berkunjung ke suatu daerah. Namun, snack juga kerap dijadikan sebagai makanan pelengkap saat kita sedang santai, atau cemilan sambil minum teh.

Di Indonesia sendiri ragam snack tradisional sangatlah banyak. Dari Sabang sampai Merauke, masing-masing daerah di Indonesia mempunyai aneka snack tradisional yang berbeda-beda. Meskipun sudah banyak masuk snack-snack dari luar negeri, makanan ringan tradisional Indonesia tetap menjadi pilihan utama. Bahkan biasanya, orang Indonesia yang tinggal di luar negeri akan senang kalau menemukan cemilan dari Indonesia.

Walaupun snack tradisional Indonesia memiliki jumlah sangat banyak, tetapi dalam artikel ini akan dipaparkan tujuh snack tradisional Indonesia tersebut. MJF Lovers pasti penasaran, mau tahu apa saja aneka snack tradisional indonesia? Mari simak penjelasan berikut, di antaranya:

1. Cilok

Rasanya semua orang pasti kenal snack yang satu ini. Dari anak-anak sampai dewasa cilok menjadi cemilan yang diidamkan. Cilok ini tersebar di seluruh Indonesia. Bentuknya mirip seperti pentol bakso. Yang membedakan dengan bakso, cilok terbuat dari olahan tempung kanji, tanpa campuran daging maupun ikan di dalamnya. Kemudian cilok paling sedap disajikan dengan campurna saos kecap, saos sambal, dan saos tomat. Biasanya tidak terlalu sulit untuk menemukan cilok. Pedagang biasa mangkal di depan-depan sekolah, terutama sekolah dasar.

2. Putu

Cemilan satu ini merupakan khas dari pulau Jawa. Proses pembuatan putu ini memerlukan sebuah tongkat kayu pendek. Kemudian tongkat kayu itu digunakan untuk mengeluarkan putu dari cetakan dengan cara menusuknya. Terkadang dari proses pembuatan inilah putu dikenal sebagai kue mesum. Tepung beras menjadi bahan utama dalam membuat putu. Memasak putu ini pun memiliki keunikan tersendiri, dengan memakai uap panas. Biasanya uap panas ini mengeluarkan bunyi. Kue mesum ini berisi gula merah, yang disajikan dengan parutan kelapa. Rasa manis dari gula dan rasa gurih dari parutan kelapa, membuat putu menjadi makanan ringan unik yang cukup diminati.

3. Batagor

Batagor adalah salah satu makanan ringan khas jawa barat. Meskipun dari Jawa Barat, tidak sulit menemukan batagor di setiap daerah di Indonesia. Makanan ringan tradisional ini terbuat dari tahu yang dicampur dengan tepung kanji lalu digoreng. Batagor kemudian disajikan dengan saos kecap, saos kacang, dan sambal. Sama dengan cilok, batagor juga tidak kalah populer. Batagor biasanya mudah ditemukan di depan sekolah- sekolah.

4. Keripik

medan jaya food keripik

Keripik adalah makanan ringan yang sangat mudah dijumpai hampir di seluruh Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki olahan keripik dari berbagai macam buah dan jenis makanan lainnya. Salah satu jenis keripik yang terkenal di indonesia adalah keripik tempe khas Malang, Jawa Timur. Kripik tempe yang disajikan bervariasi mulai dari rasa, hingga penyajiannya. Kripik ini memiliki tekstur yang renyah jika disantap karena bentuk yang tipis-tipis.

5. Dodol

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki jenis dodol yang berbeda-beda. Namun, dodol yang cukup terkenal adalah dodol garut khas jawa barat. Akan tetapi masih banyak varian dodol lain di seluruh indonesia, seperti dodol sirsak, dodol durian, dodol betawi, hingga dodol apel khas kota malang. Dodol ini merupakan makanan ringan tradisional indonesia yang terbuat dari santan, tepung beras dan gula merah. Tekstur dari dodol kenyal dan manis.

6. Pilus

snack tradisional indonesia medan jaya

Kebanyakan orang Indonesia tentu akrab dengan makanan ringan pilus ini. Pilus adalah cemilan sejenis kacang yang dijual dalam bungkus plastik. Pilus berasal dari Tegal, yang kerap dijadikan oleh-oleh khas daerah tersebut. Daerah Tegal banyak produsen makanan ringan menjual pilus dengan varian yang berbeda-beda.

Bahan membuat pilus ini yaitu tepung terigu, tepung kanji, bawang putih dan daun kancai. Seiring perkembangan zaman, pilus khas Tegal mulai bervariasi. Ada pilus yang memiliki berbagai rasa seperti rasa pedas, asin, keju, bahkan ada variasi pilus dengan kacang goreng di dalamnya. Selain sebagai snack, rasanya yang gurih dan renyah pilus biasanya dinikmati sebagai pelengkap makanan berkuah. Pilus biasa disantap dengan mie ayam, soto ataupun basko.

Itulah enam aneka snack tradisional Indonesia. Mana nih yang kalian suka?